BERITA HARIAN BKPSDM :: Kamis, 16-12-2021

Talent Pool Dan Assesment Bagi Pejabat Administrator (Esselon Iii) Dan Pejabat Pengawas (Esselon Iv) Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebak Tahun 2021

Lahirnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil,  merupakan wujud nyata dari reformasi birokrasi, yang menekankan implementasi manajemen ASN Berbasis Merit, artinya pengelolaan dan penempatan ASN didasarkan pada aspek kualifikasi, kompetensi, dan kinerja tanpa diskriminasi.

Salah satu upaya menuju Manajemen Kepegawaian Sistem Merit, adalah dengan dilaksanakannya Talent Pool dan Assesment PNS yang memenuhi persyaratan untuk menduduki setiap jabatan. Talent Pool saat ini diharapkan dapat lebih terarah menuju ASN profesional. Oleh  karena itu, besar harapan saya kegiatan Talent Pool dan Assesment ini dapat menjawab kebutuhan Pemerintah Kabupaten Lebak, khususnya untuk pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas, sehingga meminimalisir jabatan kosong dalam pemerintahan.

Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur, Iqbaludin, S.Sos,M.Pd mengatakan “Hasil Assesment salah satunya dapat dipergunakan dalam pengembangan Kompetensi ASN . Selain untuk pejabat, akan dilaksanakan pula bagi Pelaksana/ fungsional dengan metode CAT”.

 

 

Untuk kedua kalinya BKPSDM Kab. Lebak menyelenggarakan                        Talent Pool dan Assesment bagi Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas dengan metode CAT yang bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Jawa Barat. Sebelumnya BKPSDM menyelenggarakan hal seperti ini secara manual. Kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkala 2 (dua) tahun sekali. 

Kegiatan Talent Pool dan Assesment di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebak diselenggarakan di Gedung Aula Multatuli Sekretariat  Daerah Kabupaten Lebak  mulai tanggal  6 s.d 8 Desember 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 292 orang, yaitu 67 orang pejabat administrator dan 225 orang pejabat pengawas. 

Kegiatan Talent Pool dan Assesment bertujuan mendapatkan data profil pegawai yang memiliki talenta sebagai pemimpin  yang potensial sehingga hasilnya dapat menjadi dasar untuk melakukan penilaian dan seleksi lebih lanjut, menjadi bahan pengambilan keputusan dalam perencanaan, pengembangan, dan mutasi pegawai. Salah satu masukan dari seorang peserta adalah “Alangkah baiknya kegiatan ini diadakan secara berkelanjutan”.

...
Nama :
Email :
Komentar :
 
Kirim
Arsip Berita Harian BKPSDM