ARTIKEL :: Minggu, 05-09-2021

Tips Supaya Bisa Loloas Tes SKD CPNS

1.  Buat jadwal belejar teratur dan fokus pada materi

Cara belajar yang efektif adalah buat jadwal dan fokus pada materi yang sesuai dengan telah dijadwalkan tersebut.

2.  Berhenti belajar sehari sebelum hari ujian.

Misalkan jadwal ujian Anda hari Senin, maka usahakan pada hari Sabtu dan Minggu sebelumnya kita tutup semua buku pelajaran. Kita nikmati akhir Minggu dengan tenang. Lakukan saja apa yang menurut kita menyenangkan. Ini penting agar badan dan pikiran kita bugar saat menjalani tes.Ingat, tes CAT memerlukan konsentrasi penuh dan stamina yang prima. Jangan sampai kita lelah dan tidak konsentrasi pada saat berlangsungnya tes karena terlalu capek belajar. Persiapkan data dan semua peralatan tes seperti kartu ujian, KTP, atau apa saja yang harus dibawa saat ujian.

3. Jangan datang terlambat.

Jik kita belum begitu hapal lokasi tes, akan lebih baik bila Anda survei lokasi tes sehari sebelum tes. Setelah masuk ruangan, terlebih dahulu akan dilakukan verifikasi data, latihan pre-test CAT, dan penyampaian petunjuk teknis ujian. Ikuti betul-betul petunjuk teknis yang disampaikan pengawas ujian.Tanyakan hal-hal yang menurut Anda belum pahami kepada pengawas saat diberi kesempatan bertanya.

4.  Berdoa.

Hal penting yang harus Anda lakukan sebelum memulai tes adalah berdoa, semoga diberi kelancaran dan kemudahan dalam mengerjakan berbagai macam bentuk soal ujian CPNS. Jangan nervous, dan selaltu tetap tenang. Sebab walaupun Anda sudah melakukan persiapan maksimal namun jika Anda nervous bisa saja semua itu menghilang. Santai saja ketika sudah di Lokasi CAT.

5.  Harus fokus dan percaya diri.

Berikutnya fokus dan percaya diri, hal Ini penting karena dengan percaya diri kita akan merasa optimis dan berpikir tanpa emosi sehingga dalam menjawab atau menebak jawaban tidak asal menebak dan penuh perhitungan. Fokuskan pikiran kita pada soal yang sedang kita hadapi. Terutama dalam menghadapi penyajian angka, huruf, tanda baca, gambar simbol, kata dan kalimat Anda harus benar-benar teliti dan cermat. Jangan kaku, Usaha tetap dalam keadaan rileks.

 

6.  Jangan terpengaruh dengan hasil kerjaan peserta tes lain.

Kadang memang ada peserta lain sudah bisa menyelesaikan jawabannya lebih cepat, tapi belum tentu mereka juga benar semua.Teliti kembali sebelum meninggalkan kursi Anda, karena ketelitian juga merupakan faktor penting dalam mengerjakan CAT CPNS.Tes ini dibatasi oleh waktu selama 90 menit, jadi kita harus bisa mengerjakan dengan cepat namun juga tetap teliti.

7.  Jangan ada jawaban yang kosong.

Saat menjawab soal, jangan sampai meninggalkan komputer tanpa jawaban. Jangan sampai ada soal yang tidak dijawab. Karena dalam CAT tidak ada pengurangan nilai jika salah menjawab. Untuk TIU dan TWK benar bernilai 5 dan salah 0. Adapun TKP nilai berkisar dari 1-5, artinya asal jawab pun minimal kita masih bisa mendapatkan skor 1 untuk kelompok soal TKP.

8.  Kerjakan soal yang mudah dahulu.

Tips lulus CPNS berikutnya Ingat, waktu yang disediakan adalah 90 menit untuk mengerjakan 100 soal Tes Kemampuan Dasar yang terdiri dari 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan dan 30 soal Tes Inteligensia Umum, serta 35 soal Tes Karakteristik Pribadi. Jika kita rata-rata 1 soal tidak boleh dikerjakan lebih dari 1 menit.

Untuk soal-soal hafalan pendek ini masih sangat mungkin, tetapi untuk yang ada hitung-hitungannya apakah mungkin? Untuk mengatasi hal ini,  Sekiranya menemui soal yang terlihat sukar maka lewati dulu sementara.

Kedua, untuk soal tipe hapalan, langsung jawab aja. Jika jawaban kita masih ragu-ragu, cukup buat coretan kecil di kertas coretan atau klik tombol kuning ragu-ragu. Perihal jawaban tersebut masih ragu dan kita bisa cek kembali jika memang masih ada waktu.

Adapun untuk soal-soal panjang, jika sudah 90 detik belum terselesaikan juga, lebih baik langsung ambil sembarang jawaban, agar waktu Anda habis menuruti rasa penasaran.

Dengan efisien waktu pada soal tipe hapalan, maka kita akan punya tambahan waktu untuk menger-jakan soal hitung-hitungan dan tipe soal analisis penalaran yang memerlukan waktu lebih ba-nyak untuk mengerjakannya.

9.  Kerjakanlah terlebih dahulu soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi).
Tips lulus CPNS berikutnya kerjakan soal TKP terlebih dahulu, karena soalnya bertanya tentang respon Anda, jadi jawabannya ada di dalam diri Anda.
Terlepas apakah jawaban Anda cocok atau tidak dengan kunci.Artinya, Anda tidak akan mencari jawaban di luar diri Anda. Lagipula persentase nilai TKP lebih besar dari nilai TIU (Tes Intelejensia Umum) dan TWK (Tes Wawasan Kebangsaan).

10.  Kembangkan strategi menjawab soal.

Anda perlu terapkan strategi untuk menjawab soal-soal tertentu. Misalkan, untuk soal bacaan, jika yang ditanya adalah pokok pikiran maka cukup baca bacaan bagian awal, akhir atau tengah dan cukup baca cepat dan singkat. Untuk soal cerita matematika dan penalaran maka ini perlu analisis khusus.

Intinya harus bisa menyederhanakan persoalan dengan cepat, lalu menghitungnya dengan cepat pula.Saat menjawab soal TKP, berpikirlah Anda adalah pemerintah yang sedang mencari abdi negara. Orang seperti apa yang ingin Anda cari jika Anda adalah pemerintah? Maka itulah jawaban terbaiknya.Fokuskan untuk jawaban yang baik, positif, namun tetap konsisten.

11.  Berserah Kepada Allah SWT.

Semua usaha sudah Anda lakukan, maka tinggal berpasrahlah pada Allah SWT. Tetaplah bersikap jujur, jangan curang. Dan yakinlah bahwa apapun hasilnya itu adalah yang terbaik buat Anda.

...
Nama :
Email :
Komentar :
 
Kirim
Arsip Artikel