BERITA MENPAN :: Selasa, 30-07-2019

Kemenpan-RB Gelar Rapat Koordinasi Rekrutmen ASN 2019 Bersama Pemda

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kembali membuka lowongan bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di tahun 2019. Sebanyak 100 ribu lowongan CPNS akan dibuka oleh pemerintah di tahun ini.

Menpan RB, Syafruddin mengatakan selain membuka lowongan CPNS pemerintah juga membuka lowongan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Untuk tahun ini akan direkrut 100.000 CPNS. Kemudian 75 ribu PPPK. Jadi total 175 ribu," kata Syafruddin usai menggelar Rapat Koordinasi Pengadaan ASN dan Perencanaan ASN Tahun 2020 - 2024 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019).

Syafruddin menjelaskan lowongan CPNS diprioritaskan bagi tenaga teknis profesional seperti tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan.

"Kemudian tenaga-tenaga yang akan ditempatkan di kementerian lembaga juga harus teknis profesional. Jadi tenaga administrasi tidak akan direkrut," ujarnya.

Berkenaan dengan itu, Syafruddin mengungkapkan kekinian pihaknya masih membahas jadwal pembukaan lowongan CPNS dan PPPK. Pembahasan tersebut tengah berjalan di dalam Rakor Pengadaan ASN dan Perencanaan ASN Tahun 2020 - 2024.

Lebih lanjut, Syafrudin mengatakan prioritas ASN yang akan direkrut adalah mereka yang memiliki kemampuan sebagai guru, tenaga medis, dan teknis profesional.

“CPNS tetap akan direkrut yang memiliki tenaga teknis profesional, guru, dan dokter kesehatan, karena 75 persen puskesmas di seluruh Indonesia kekurangan dokter. Lalu ada 52 ribu guru yang akan pensiun sehingga prioritas itu juga. Dan untuk disabilitas akan tetap mendapatkan jatah 2 persen dari total yang direkrut.”“Yang jelas tenaga administrasi diputuskan untuk tidak direkrut dulu,” pungkasnya

...
Nama :
Email :
Komentar :
 
Kirim
Arsip Berita Menpan